Followers Blog

****Naskah Tartuffe babak II Adegan 1****

Naskah Tartuffe babak II Adegan 1 msh stay bacakan ayo lanjuttttt.... CE-KI-DOT


BABAK II

ADEGAN 1

ORGON, MARIANE

Orgon: Mariane.
Mariane: Ya, Ayah.
Orgon: Kemarilah. Ada sesuatu yang ingin kubicarakan denganmu, yang tak perlu diketahui orang lain.
Mariane: Apa yang Ayah cari?
Orgon: ( Ia melikat ke dalam sebuah ruangan kecil.) aku memeriksa apakah di situ ada orang yang mendengar kita, sebab tempat kecil itu cocok untuk menguping. Sudahlah, kita sudah aman sekarang. Mariane, dari dulu aku melihat dalam dirimu jiwa yang cukup lembut, dan dari dulu pula kau sangat berarti bagiku.
Mariane: Besar utang budiku karena cinta ayah itu.
Orgon: Perkataanmu tepat sekali, Nak; dan untuk layak memperoleh cinta itu, yang harus kau lakukan tak lain dari menyenangkan hatiku.
Mariane: Berbuat demikianlah memang yang paling kubanggakan.
Orgon: Bagus sekali. Apa pendapatmu mengenai Tartuffe, tamu kita?
Mariane: Pendapat siapa? Aku?
Orgo: Ya, Pendapatmu. Perhatikan baik-baik bagaimana engkau menjawab.
Mariane: Aduh! Kalau aku, aku akan mengatakan apa saja yang ayah kehendaki.
Orgon: Itulah jawaban yang bijaksana. Jadi katakan, Nak, bahwa seluruh kepribadiannya memancarkan kebaikan yang luar biasa, bahwa ia menyentuh hatimu, dan bahwa bakal terasa manis bagimu atas pilihanku melihatnya menjadi suamimu. Eh? ( Mariane mundur karena kaget )
Mariane: Eh?
Orgon: Ada apa?
Mariane: Apa kata Ayah?
Orgon: Apa?
Mariane: Aku salah dengar?
Orgon: Bagaimana?
Mariane: Siapakah yang Ayah kehendaki untuk kukatakan menyentuh hatiku, dan bakal terasa manis bagiku atas pilihan Ayah, melihatnya menjadi suamiku?
Orgon: Tartuffe.
Mariane: Itu sama sekali tidak benar, Ayah, aku bersumpah. Mengapa harus kukatakan kebohongan seperti itu?
Orgon: Tapi aku mau itu menjadi kebenaran; dan cukuplah bagimu aku telah menetapkannya.
Mariane: Apa? Ayah maunya….?
Orgon: Betul, aku menghendaki, Nak, memasukkan Tartuffe ke dalam keluarga ku melalui pernikanhanmu. Dia akan menjadi suamimu, itu keputusanku; dan mengenai keinginanmu aku…




Penerbit       : Kepustakaan Populer Gramedia
Penulis         : Moliere
Penerjemah  : Winarsih Partaningrat Arifin


wasalam salam kikukkkikukkkk ^^

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 gatiar,Design by Tirtadarmantio